5 Tips Cara Membuat Strategi Bisnis Untuk Pemula

Strategi Bisnis Bagi Pemula - Bagaimana cara membuat strategi yang efektif untuk bisnis dan usaha bagi pemula? Strategi bisnis adalah konsep yang dibuat untuk tujuan jangka panjang dalam persaingan dan keberhasilan sebuah perusahaan.
Langsung ke konten utama [Tunjukkan semua]
    Jangan sembarangan dalam menyusun strategi bisnis, strategi bisnis yang salah akan berdampak negatif terhadap bisnis Anda, seperti alokasi sumber daya dan investasi yang sia-sia, kehilangan kepercayaan diri, kehilangan kepercayaan pelanggan, kehilangan momentum untuk memanfaatkan peluang bisnis, bahkan bisa menurunkan citra dan reputasi perusahaan.

    Oleh karena itu, Anda diharuskan untuk membangun strategi bisnis dengan baik agar bisnis yang Anda jalankan mengalami perkembangan yang baik serta mampu menghadapi dan atau memenangkan persaingan bisnis yang sangat ketat.


    Cara Membuat Strategi Bisnis


    Tips Menyusun Strategi Bisnis Yang Baik


    Menyusun strategi bisnis dinilai sangat penting dan besar pengaruhnya dalam perkembangan usaha yang akan Anda rintis. Oleh karena itu, simaklah cara-cara membuat strategi usaha di bawah ini agar bisnis yang Anda mulai bisa mendaptkan keuntungan maksimal dan berjalan dengan baik.

    1. Tujuan Bisnis Yang Jelas

    Susunlah Visi, Misi (tujuan) dan Rencana Strategis tentang perusahaan Anda. Apa saja tujuan bisnis yang ingin dicapai dan strategi pencapaiannya. Deskripsikan posisi perusahaan saat ini dan yang akan datang, target pasar, keunggulan bersaing, lokasi usaha, manajemen inti, bentuk usaha, konsep manajemen yang dijalankan dan sebagainya.

    2. Kualitas Bisnis

    Tingkatkan kualitas agar konsumen tertarik dengan produk/jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Mulai dari kualitas kemasan, rasa (jika bisnis kuliner), isi produk, bahan baku, hingga kualitas layanan yang terbaik.

    Kualitas yang lebih baik dari pesaing tentu akan membuat bisnis Anda selangkah lebih maju.

    3. Analisa Pesaing Bisnis

    Buatlah catatan analisa kompetitor usaha Anda, amati dan tulislah apa saja kekuatan dan kelemahan bisnis mereka. Lalu analisa apa saja hal yang bisa Anda pelajari dan terapkan untuk bisnis Anda.

    4. Pemasaran Bisnis Yang Tepat

    Membuat Rencana Pemasaran yang meliputi penjelasan pangsa pasar yang dipilih, cara pemasaran dan promosi yang dibuat sesuai dengan target pasar, hingga rencana anggaran untuk penjualan, harga, distribusi, dan biaya-biaya lainnya.

    5. Laporan Keuangan Bisnis

    Buatlah laporan keuangan yang menjelaskan laporan arus kas keuangan tahun ini, ekspektasi laba, kebutuhan modal, biaya operasional, biaya tambahan, dana cadangan.

    Untuk mewujudkan bisnis yang sukses, para pelaku bisnis perlu menerapkan strategi bisnis di atas secara terus-menerus agar bisnis bisa lebih berkembang dan lebih banyak diketahui oleh calon pelanggan. Terlebih lagi jika bisnis level pemula, seperti bisnis UKM, sebaiknya maksimalkan strategi bisnis yang ada.

    Postingan lainnya

    Posting Komentar