Pengertian Bisnis: Tujuan, Fungsi Dan Macam Jenis Bisnis

Bisnis - Apakah makna pengertian dari bisnis? Apa maksud dan tujuan bisnis? Apa saja fungsi bisnis? Apa saja macam-macam dan jenis bisnis? Semua akan dijelaskan pada artikel ini.
Langsung ke konten utama [Tunjukkan semua]
    Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi dan Macamnya

    Pengertian Bisnis Secara Umum

    Dalam ilmu ekonomi, pengertian bisnis (business) merupakan suatu kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh perorangan atau perusahaan yang berhubungan erat dengan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang atau jasa kepada konsumen yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan untuk memperoleh profit / keuntungan.

    Kata "bisnis" diambil dari bahasa Inggris "business" yang artinya kesibukan. Penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, serta ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan.

    Pengertian Bisnis Menurut KBBI

    Arti bisnis menurut KBBI adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang bisnis kepariwisataan; bisnis akuakultur usaha budi daya air: para pengusaha yang berminat mengembangkan bisnis akuakultur di Indonesia menuntut berbagai kemudahan kepada pemerintah.

    Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

    Ada beberapa para ahli yang memberikan pendapatnya tentang definisi bisnis, berikut ini penjelasannya

    1. Prof. L.R. Dicksee

    Bisnis adalah aktivitas yang mempunyai tujuan utama untuk memperoleh keuntungan bagi pengusaha nya dan atau orang yang terlibat di dalamnya.

    2. Mahmud Machfoed

    Mahmud Machfoed menyatakan bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

    3. Hughes dan Kapoor

    Hughes dan Kapoor menyatakan Business is an organization that provides goods or services in order toearn provit.

    Sejalan dengan definisi tersebut, aktifitas bisnis melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan pada suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari total biaya (Total Costs) pada periode yang sama.

    Laba atau keuntungan merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis, melalui laba pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar.

    4. Mc Naughton

    Bisnis adalah pertukaran barang, uang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan mutual.

    5. Merriam Webster

    Bisnis adalah suatu aktivitas pembuatan, pembelian atau penjualan barang dan jasa yang kemudian dipertukarkan dengan uang kerja atau aktivitas yang merupakan bagian dari pekerjaan.

    Jumlah aktivitas yang telah diselesaikan oleh sebuah toko, perusahaan, pabrik dan lain lain.

    6. Hooper

    Definisi dari bisnis menurut Hooper adalah Segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti penjualan (commerce) dan industri, industri dasar, processing, dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankkan,insuransi, transportasi, dan seterusnya yang kemudian melayani dan memasuki secara utuh (which serve and interpenetrate) dunia bisnis secara menyeluruh.

    7. Plowman

    Plowman menyatakan bahwa definisi dari Bisnis adalah serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian ataupun penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara berulang-ulang.

    Tujuan Bisnis

    Segala sesuatu tentunya memiliki tujuan, Tak terkecuali dengan bisnis. Sesuai dengan Pengertian Bisnis tujuan paling utama Bisnis yaitu untuk meraih keuntungan atau laba.

    Tetapi, profit bukan cuma tujuan utama sebuah perusahaan menjalankan bisnis, tujuan menjalankan bisnis antara lain:
    1. Profit
    2. Kemajuan atau pertumbuhan
    3. Eksistensi perusahaan dalam jangka panjangPengadaan barang atau jasa
    4. Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
    5. Full employment
    6. Prestise dan prestasi

    Fungsi Bisnis

    Fungsi bisnis adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen. Nilai kegunaan (utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis.

    Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :
    • Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
    • Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi
    • Mengubah kepemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan
    • Menunda waktu kegunaan (time utility), atau fungsi pemasaran

    Steinhoff menyebutkan ada tiga fungsi utama bisnis, yaitu :
    1. Mencari bahan mentah (acquiring raw material)
    2. Mengubah bahan mentah menjadi barang jadi(manufacturing raw materials into product)
    3. Menyalurkan barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to consumers)

    Macam Macam Bisnis

    Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe. Sehingga akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan macam dan jenisnya dengan berbagai cara yang berbeda-beda.

    Salah satu dari banyak cara yang dapat digunakan untuk membedakan bisnis dan macamnya adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas /kegiatan yang dilakukannya dalam hal yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan.

    Beberapa Macam dan Jenis Bisnis di antaranya adalah:

    1. Manufaktur

    Bisnis Manufaktur adalah bisnis yang kegiatan atau aktivitasnya memproduksi produk yang berasal dari barang baku / mentah atau yang terdiri dari beberapa komponen-komponen, kemudian di jadikan menjadi sebuah produk dan dijual untuk mendapatkan keuntungan.
    Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti kendaraan atau Pakaian, Elektronik, Makanan siap saji dan sebagainya.

    2. Bisnis Jasa

    Bisnis jasa adalah bisnis yang aktivitas atau kegiatanya menghasilkan barang intangible / Jasa yang di butuhkan konsumen, Sehingga pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan.

    Contoh bisnis jasa adalah konsultan, psikolog, jasa pembuatan website dan jasa lainya.

    Rekomendasi Bacaan: Cara Memulai Bisnis Jasa Secara Online

    3. Bisnis Pengecer dan Distributor (Penjual)

    Bisnis Pengecer maupun distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang / produk antara produsen dengan konsumen yang juga mendapat kentungan dari Aktiviatas jual beli produk. Kebanyakan toko maupun perusahaan yang berorientasi kepada konsumen adalah distributor atau pengecer.
    Contoh bisnis ini adalah seperti warung makan, Toko, Agen, dan Penjualan lainya.

    4. Bisnis Pertanian dan Pertambangan

    Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang kegiatan dan aktivitasnya berupa memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman, budidaya, mineral tambang, dan lainya.


    5. Bisnis Finansial

    Bisnis finansial adalah Aktivitas atau kegiatan yang mendapatkan keuntungan dari sebuah investasi dan pengelolaan modal. yang di berikan kepada pelaku usaha untuk nantinya mendapatkan bagi hasil dengan pelaku usaha.

    Saat ini banyak bisnis investasi yang tengah berkembang seperti misalnya reksadana, investasi di sebuah perusahaan, dan investasi dan penanaman modal lainya.

    6. Bisnis Informasi

    Bisnis informasi adalah kegiatan / aktivitas yang menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan kembali properti intelektual (intelellectual property).

    7. Bisnis Utilitas

    Utilitas merupakan bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti misalnya listrik dan Air atau PDAM, dan biasanya didanai oleh pemerintah setempat.

    8. Bisnis Real Estate

    Bisnis real estate merupakan kegiatan / aktvitas yang dapat menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, seperti rumah, bangunan dan lain-lain

    9. Bisnis Transportasi

    Bisnis transportasi adalah bisnis / kegiatan yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi tujuan konsumen. sehingga pelaku mendapat imbalan sebagai jasa

    Bisnis Transportasi banyak contohnya diantaranya adalah bisnis taxi, angkutan umum, kantor pos, pengantar barang lain dan bisnis jasa transportasi lain.

    Itulah pembahasan mengenai bisnis yang meliputi pengertian bisnis, fungsi, tujuan, serta macam-macam bisnis. Semoga bermanfaat.

    Postingan lainnya

    Posting Komentar